05 Maret 2008

Pelatihan, Pendidikan, dan Pengembangan Warga Papua

Sumber : http://www.ptfi.com/social/pendidikan.asp


Pelatihan, pendidikan berkelanjutan dan pengembangan merupakan komponen yang sangat penting guna menjamin efisiensi operasional jangka panjang pada setiap usaha. Hal tersebut menjadi kian kritis ketika beroperasi pada daerah berkembang yang tidak mempunyai sejarah panjang program pendidikan tinggi. Program pelatihan kerja di Papua perlu menyediakan lebih dari sekedar pengembangan keahlian teknis. PTFI menyediakan jumlah jam pelatihan di dalam ruang kelas maupun di tempat kerja lebih banyak dibanding kebanyakan dibanding Perguruan Tinggi. Program-program pelatihan tersebut berkisar dari program pelajaran dasar baca tulis (melek huruf) dan berhitung hingga program "pramagang" bagi orang-orang yang belum pernah mengikuti pelatihan kerja, pemagangan keahlian teknis tingkat lanjut, pengembangan jenjang karir dan kepemimpinan, serta program pengelolaan usaha yang mengajarkan keterampilan kelas dunia bagi para pekerja kami.


Di tahun 1996, PTFI bertekad untuk melakukan peningkatan signifikan pada program pelatihan dan pendidikan yang dimilikinya yang memang sudah cukup agresif. Perusahaan berjanji untuk melipatgandakan jumlah tenaga kerja asal Papua hingga tahun 2001, dan selanjutnya melipatgandakan jumlah itu kembali hingga tahun 2006. Perusahaan juga berjanji untuk meningkatkan jumlah karyawan asal Papua yang menduduki posisi manajemen dan profesional setidaknya dua kali lipat. Kedua sasaran tersebut tengah dicapai dan lebih lanjut, perusahaan pun berkomitmen untuk mencapai kemajuan dalam menyediakan peluang pekerjaan dan manajemen bagi warga asal Papua. Pada akhir tahun 2005, PTFI dan perusahaan-perusahaan kontraktor langsung telah mempekerjakan hampir 2.400 karyawan asal Papua dibandingkan 600 karyawan pada tahun 1996, termasuk 250 karyawan staf manajemen, dan kurang dari 50 pada tahun 1996. Sejumlah 1.000 lagi karyawan asal Papua dipekerjakan oleh perusahaan-perusahaan privatisasi yang menyediakan jasa bagi PTFI.


Dalam rangka pengembangan SDM warga asal Papua, pada tahun 2003 PTFI mendirikan Institut Pertambangan Nemangkawi (Nemangkawi Mining Institute). Sasaran institut tersebut adalah menyediakan peluang program pra-magang, magang serta pengembangan lanjut jenjang karir bagi ratusan warga Papua setiap tahunnya.

Tidak ada komentar: