04 Maret 2008

Layanan Masyarakat - Proyek Desa Sehat

Sumber: http://www.roche.co.id/bahasa/program_services_corporate_social_responsibility_id.htm


Inisiatif “Desa Sehat” dijalankan bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia selaku perancang programnya dan para mahasiswanya menjadi ‘lini depan’ dalam pekerjaan lapangan.


Pelaksanaan “Desa Sehat” dimulai pada tahun 2001 dengan melakukan survei ambang dasar yang dirancang oleh universitas, melibatkan 400 keluarga (dari seluruhnya sekitar 2.000 keluarga) sebagai responden dan 40 mahasiswa selaku pelaksana survei untuk mengumpulkan informasi mengenai kondisi kesehatan dan masalah kesehatan di kalangan masyarakat. Berdasarkan hasil survei ini, tim tersebut merancang program dan rencana implementasi yang meliputi bidang-bidang: Nutrisi, Perawatan Ibu dan Anak, Kesehatan Lingkungan, Pencegahan Penyakit Menular.


Berbagai kegiatan telah dilaksanakan selama enam tahun implementasi proyek. Sebagian di antaranya adalah:


  • proyek percontohan pembuangan sampah skala komunitas
  • pelatihan deteksi larva di wilayah-wilayah berisiko tinggi demam dengue
  • pemantauan status nutrisi
  • fasilitasi dalam pembentukan sejumlah Posyandu baru
  • program suplementasi dan pendidikan Vitamin A
  • kampanye ‘bebas narkoba’ bagi remaja
  • program pendidikan bagi kelompok-kelompok sukarelawan
  • dan lain-lain


Pencegahan melalui pendidikan adalah pendekatan utama dalam “Desa Sehat," tetapi sekali setahun juga ada sebuah program layanan yang disebut "Sabtu Sehat." Program satu hari ini dilaksanakan berkaitan dengan Hari Kesehatan Nasional. Berbagai aktivitas dilakukan dalam program ini seperti layanan kesehatan gratis, suplementasi makanan bagi balita, lomba memasak makanan sehat, konsultasi gratis untuk topik-topik kesehatan, pertunjukan film, penyebaran poster atau selebaran, permainan dan kuis. Acara ini juga menjadi ajang untuk menyebarluaskan informasi mengenai inisiatif “Desa Sehat” kepada masyarakat melalui pameran foto atau membagikan selebaran.

Tidak ada komentar: