13 Agustus 2007

Mensos Minta Perusahaan Realisasikan CSR

Tanggal : 13 August 2007
Sumber: http://radarlampung.co.id/web/index.php?option=com_content&task=view&id=10708&Itemid=28
Oleh : Hendarto Setiawan

JAKARTA – Menteri Sosial (Mensos) Bachtiar Chamsyah mendukung Kampanye Satu Hati yang diprakarsai PT Amerta Indah Otsuka, produsen Pocari Sweat dan antv. Dukungan diberikan dengan membubuhkan tanda tangan di atas buku Satu Hati bersama Presiden Direktur PT Amerta Indah Otsuka Yoshihiro Bando dan Chief Operating Officer antv Daniel G. Resowijoyo di Klub Rasuna Said, Jakarta, belum lama ini.

Mensos menyatakan bahwa pemerintah dan DPR RI baru saja mengesahkan UU Perseroan Terbatas (PT). Dia menjelaskan, dalam salah satu pasalnya terdapat kewajiban perusahaan untuk melaksanakan corporate social responsibility (CSR). Menurutnya, suatu perusahaan tidak akan maju jika tidak didukung lingkungan yang baik. Untuk itu, perusahaan harus melaksanakan program tanggung jawab sosial yang merupakan investasi jangka panjang.

”PT Amerta Indah Otsuka telah memulainya. Kegiatan ini penting dan mudah-mudahan banyak perusahaan lain yang mengikuti jejak ini,” kata Bachtiar.

Disebutkannya, sejak tiga tahun lalu, Depsos tak henti-hentinya berjuang mengajak pimpinan perusahaan agar berbagi dengan rakyat miskin di Indonesia. Bachtiar menjelaskan, Depsos terus menciptakan ide-ide baru untuk menggalang dana rakyat, kemudian dibagikan untuk kepentingan rakyat miskin. Salah satunya adalah yang dilakukan PT Amerta Indah Otsuka dan antv melalui SMS peduli, caranya mengetik Satu Hati dan dikirimkan ke nomor 7505. Tak hanya mengirimkan bantuan, para penderma juga bisa melihat langsung akumulasi perolehan dana sosial dan titik distribusinya. Hingga saat ini telah terkumpul bantuan Rp575 juta.

Presiden Direktur PT Amerta Indah Otsuka Yoshihiro Bando menyatakan, Kampanye Satu Hati merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama membantu anak-anak Indonesia meraih masa depan yang lebih cerah melalui pendidikan. Kegiatan yang dimulai sejak 1 Agustus-31 Agustus 2007 itu diisi berbagai macam bentuk kegiatan, dari mengumpulkan donasi hingga kegiatan olahraga sebagai simbolisasi dukungan dari masyarakat untuk pendidikan di Indonesia.

”Donasi yang dikumpulkan dapat berupa buku maupun dana. Untuk donasi buku, masyarakat dapat menyumbangkan buku-buku melalui Toko Buku Gramedia yang tersedia di kota Jakarta, Cirebon, Lampung, Semarang, Jogjakarta, dan di beberapa kota besar lain. Termasuk sekolah dan perguruan tinggi yang ikut aktif berpartisipasi,” kata Bando.

Bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan uang, Pocari Sweat dan antv mengumpulan dana melalui fasilitas transfer ke rekening antv Peduli Bank Mandiri cabang Casablanca, Jakarta, nomor 124.009.601.0906 dan fasilitas SMS, di mana penyumbang cukup mengetik: Satu (spasi) Hati di ponsel dan mengirimkannya ke nomor 7505 dengan tarif Rp6.600 yang sudah termasuk pajak. Dari tarif tersebut, dana sebesar Rp5.000 akan disumbangkan ke anak-anak Indonesia yang membutuhkan. Penyaluran hasil donasi akan dikelola antv Peduli dan akan digunakan untuk kebutuhan pendidikan anak-anak.

”Kegiatan lainnya, pada 17 Agustus 2007, perenang andal Amerika Serikat Monte Monfore akan melakukan renang antarpulau untuk amal dengan rute Ketapang (Banyuwangi)–Gilimanuk (Bali)–Ketapang. Kegiatan ini merupakan simbol atas dukungannya terhadap Kampanye Satu Hati,” ujarnya.

Kemudian pada 18 Agustus-19 Agustus diselenggarakan bike for nation, kegiatan bersepeda secara estafet selama 24 jam non-stop dari Candi Prambanan, Jogjakarta, dan melewati kota-kota di jalur Pantura sebelum mencapai garis finis di Gelanggang Sumantri Brojonegoro, Jakarta. Kegiatan bike for nation yang rencananya dibuka Sri Sultan Hamengkubuwono X itu bertujuan mengingatkan masyarakat sepanjang rute perjalanan untuk memberikan donasi.

Di empat kota besar yang dilewati, yaitu Jogjakarta, Semarang, Cirebon dan Jakarta, akan diselenggarakan berbagai macam kegiatan selain pengumpulan donasi, seperti story telling, di mana beberapa selebriti juga akan berpartisipasi membacakan cerita bagi anak-anak yatim piatu. Sejumlah selebriti seperti Lucky Wija, Nugie, Baim, dan Ferry Maryadi akan meramaikan kegiatan ini dengan ikut bersepeda.

Tidak ada komentar: