19 September 2007

BTN Gandeng Sampoerna Foundation Untuk Program CSR

Tanggal : 19 September 2007
Sumber : http://www.kapanlagi.com/h/0000191565.html


Kapanlagi.com - Bank Tabungan Negara (BTN) menjalin kerjasama dengan Sampoerna Foundation untuk menjalankan program peran sosial perusahaan (corporate social responsibility, CSR), yang dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama yang ditandatangani kedua pihak di Kantor Pusat Bank BTN Jakarta, Rabu.

Dari pihak BTN diwakili Siswanto dan Fatchudin Direktur Bank BTN, sedangkan Yayasan Sampoerna diwakili Elan Merdy selaku pengurus.


Menurut Siswanto, program CSR yang dikerjasamakan dalam bentuk pemberian bea siswa Rp500 juta kepada 500 siswa-siswi SMA, anak debitur KPR Bank BTN yang berprestasi di sekolah.


Bank BTN akan menyiapkan beasiswanya dan Yayasan Sampoerna yang akan mengelola pemberian beasiswa tersebut. Keterlibatan Sampoerna dalam penyaluran beasiswa tersebut karena adanya keterbatasan jaringan dan sistem sehingga untuk menyalurkannya diperlukan kerjasama dengan institusi yang telah memiliki pengalaman, katanya.


Ia juga mengungkapkan, Bank BTN sudah cukup lama menjalankan program kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sebelum program CSR ramai dibicarakan.


Program kepedulian masyarakat dan lingkungan sudah masuk dalam misi Bank BTN ke-5. Visi dan Misi secara formal sudah digariskan sejak 2000, namun kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sudah masuk dalam misi bisnis.


Pihaknya telah melakukan kegiatan rutin seperti pemberian beasiswa kepada anak yatim piatu, pembangunan sekolah korban gempa, bantuan korban banjir, bantuan korban tsunami, penghijauan di kawasan Kemayoran, Puncak, Semarang, Yogyakarta, serta kegiatan sosial lainnya, kata Siswanto.


Selain beasiswa, Bank BTN untuk program CSR 2007 memfokuskan pada perbaikan prasarana lingkungan yang saat ini dikonsentrasikan di wilayah perumahan Jabotabek dengan perbaikan lingkungan, sarana air, dan penerangan jalan.


Ada tiga wilayah yang sudah menjadi proyek percontohan di Depok, Ciputat, dan Bogor. Namun dengan pertimbangan agar dapat dilakukan secara nasional sehingga bermanfaat bagi masyarakat banyak, Bank BTN mengajak Sampoerna Foundation untuk memberikan beasiswa bagi siswa-siswi debitur BTN yang berprestasi di sekolah.


Berdasarkan data 1976 sampai 17 September 2007, BTN telah merealisasikan kredit sebesar Rp52,1 triliun dengan jumlah debitur sebanyak 2.546.403. Dari jumlah ini yang sudah disalurkan untuk rumah bersubsidi (RSH) sebesar Rp19,2 triliun dengan jumlah rumah 1.902.417 unit.


Sementara tahun ini dari target kredit Rp7,4 triliun sampai dengan 17 September 2007 telah terealisasi Rp4,9 triliun, dan Rp2,3 triliun diantaranya disalurkan untuk RSH dengan jumlah rumah 62.536 unit.


Menurut Elan Merdy, saat ini sekitar 34,9 juta (hampir 50 persen) tidak bersekolah sehingga perlu difasilitasi melalui program CSR.

Tidak ada komentar: