17 November 2007

Beasiswa untuk 70 Siswa Bali Angkatan Pertama; Program Beasiswa ASTRO Asih senilai Rp 13,5 Miliar

Tanggal : 17 November 2007
Sumber : http://www.astro.co.id/pages/pr14.ph


Denpasar. ASTRO dan Usaha Tegas Group (The Group) yang bekerjasama dengan Sampoerna Foundation menyelenggarakan peresmian pemberian beasiswa kepada 70 siswa SMA dan S1 angkatan pertama program beasiswa ASTRO Asih senilai Rp 13,5 miliar (US$ 1,5 juta) di Denpasar (17/11). Program beasiswa ASTRO asih ini sendiri nantinya akan disalurkan secara bertahap pada lima angkatan dengan total 725 siswa SMA dan 160 mahasiswa S1. Program ini merupakan langkah awal dari ASTRO dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia. ASTRO juga berjanji untuk memberikan beasiswa pada 5.000 siswa dalam tiga tahun mendatang dan 10.000 siswa dari seluruh Indonesia dalam 10 tahun mendatang. Sehingga para siswa SMA dan mahasiswa S1 maupun S2 dapat memperoleh akses guna menyalurkan potensi yang dimilikinya.


”Kami sangat bangga pada seluruh siswa penerima beasiswa ASTRO Asih angkatan pertama ini,” ungkap Zainir Aminullah, Executive Director ASTRO Entertainment, pada acara penyerahan beasiswa di SMAN 4 Denpasar. Beasiswa untuk angkatan pertama ini diberikan kepada 50 siswa SMA dari Kabupaten Buleleng, Bangli, Karangasem, dan Klungkung, serta 20 mahasiswa S1 yang berasal dari seluruh daerah di propinsi Bali. Walaupun data dari BPS mengenai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 2004 – 2005 menyatakan bahwa Bali adalah daerah yang tingkat indeks pembangunannya cukup bagus, yaitu menduduki peringkat ke-15 di Indonesia, tingkat kemampuan masyarakatnya untuk menyelesaikan pendidikan tinggi tergolong masih rendah. Elan Merdy, Chief Operating Officer Sampoerna Foundation menambahkan bahwa menurut rencana, dalam beberapa tahun ke depan, ASTRO bersama SF akan memperluas jangkauan hingga dapat merengkuh seluruh sekolah yang ada di pulau Bali.


Pada acara ini juga dilaksanakan kegiatan outbond games oleh 70 penerima beasiswa bersama para pejabat ASTRO dan Sampoerna Foundation. Gede Angga Ardiana (15) siswa SMAN 1 Singaraja, Buleleng di sela-sela kegiatan outbond games mengatakan bahwa dirinya sadar akan tanggung jawab yang diembannya. ”Sebagai penerima beasiswa ASTRO Asih, saya sadar bahwa saya punya tanggung jawab yang besar untuk bisa mewujudkan cita-cita. Melihat keterlibatan Bapak dan Ibu dari ASTRO dan Sampoerna Foundation, kami percaya bahwa mereka akan berjuang bersama kami untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik,” ungkap Angga.


Dua puluh penerima beasiswa S1 ASTRO Asih adalah mahasiswa asal Bali yang saat ini tengah menjalani kuliah di jurusan pertanian, teknik, atau ekonomi di berbagai perguruan tinggi seperti Universitas Udayana, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Institut Teknologi 10 November, dan Universitas Gadjah Mada. Para penerima beasiswa ini akan menerima seluruh biaya kuliah dan biaya hidup. Mereka juga akan mendapatkan kesempatan kerja magang di ASTRO atau perusahaan-perusahaan lain yang bermitra dengan ASTRO maupun Sampoerna Foundation, sebagai bekal pengalaman di dunia kerja. Mereka terpilih melalui seleksi yang dilakukan oleh Sampoerna Foundation, Astro, dan juga universitas terkait. ”Para penerima beasiswa ini tidak hanya harus pintar, tetapi juga harus memiliki kepedulian sosial yang tinggi sehingga nantinya mereka bisa menjadi agen perubahan yang dapat membawa Bali dan Indonesia ke tingkat kualitas yang lebih tinggi,” tambah Zainir.


Elan menambahkan bahwa SMAN 4 Denpasar, tempat acara ini berlangsung, merupakan salah satu sekolah binaan SF dalam program Sampoerna Foundation United Schools Program (SF USP) yang sejak dibina pada tahun 2005 terus meningkatkan performanya. ”Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SMA Negeri di seluruh Indonesia melalui berbagai program peningkatan kualitas guru, kepala sekolah, dan murid,” tambah Elan yang ditemui saat berbincang dengan Putu Novia Gariri (19), salah satu penerima beasiswa yang saat ini tengah menjalani masa kuliah di jurusan peternakan Universitas Udayana, Bali. Untuk menunjukkan dukungannya terhadap peningkatan kualitas pendidikan Indonesia, ASTRO kemudian mendonasikan Rp 10 juta yang dapat digunakan untuk penyediaan alat musik sebagai fasilitas pendukung pendidikan SMAN 4 Denpasar.


Tentang Astro


ASTRO ALL ASIA NETWORKS plc adalah media terkemuka di Malaysia dan Brunei yang menggunakan sistem satelit Direct-To-Home (DTH). Televisi berlangganan dengan merk ASTRO ini juga terdapat di Indonesia. ASTRO juga merupakan stasiun radio terkemuka dii Malaysia, penerbit majalah panduan televisi dan majalah gaya hidup serta pembeli juga produser acara televisi terbesar di negara tersebut. ASTRO juga merupakan produser film utama di Malaysia. ASTRO Entertainment Network menghadirkan lebih dari 20 saluran televisi yang isinya memiliki beraneka ragam genre serta dihadirkan dalam berbagai bahasa. Celestial Pictures yang juga merupakan anak perusahaan dari ASTRO adalah sebuah badan usaha yang memiliki kumpulan film Mandarin terbesar. Semua film tersebut dibuat dengan proses digital serta diluncurkan melalui sarana teater, video, televisi, distribusi media baru dan saluran TV Celestial Movies. Kekuatan merk dagang ini pun semakin bertambah dengan merambah bidang pelayanan multimedia interaktif, termasuk pengadaan program-program tambahan pada telepon genggam.


Tentang Usaha Tegas Group


Usaha Tegas merupakan induk perusahaan investasi yang memiliki saham di perusahaan yang bergerak di bidang Telekomunikasi, Broadcast & Media, Energi (Listrik, Minyak & Gas), Pengembangan perumahan, Penyelenggara pameran dan aneka ragam acara hiburan. Grup ini mendukung berbagai macam pengembangan masyarakat di seluruh wilayah melalui yayasan seperti Inter Community Welfare Foundation dan The Malaysian Community and Education Foundation.


Tentang Astro Asih

Astro Asih merupakan sebuah wadah kerja sama ASTRO dengan masyarakat untuk meningkatkan pendidikan dan kesehatan masyarakat. Salah satu kegiatan yang dilakukan melalui program Astro Asih adalah Mobile Child Service, yaitu aksi langsung bagi anak-anak korban gempa bumi di Yogyakarta. Selain itu Astro Asih juga ikut andil dalam rehabilitasi bagi korban banjir di Jakarta. Kali ini Astro Asih bekerjasama dengan Sampoerna Foundation (SF) dalam bidang pendidikan dengan memberikan beasiswa mulai dari jenjang SMA hingga S1 di Bali.


Tentang Sampoerna Foundation (SF)


Sampoerna Foundation adalah sebuah organisasi nirlaba yang berdedikasi untuk memperbaiki kualitas dan akses pada pendidikan di Indonesia. Sejak tahun 2005, SF telah membentuk beberapa program perbaikan kualitas pendidikan. Salah satunya adalah SF United Schools Program (SF-USP), yang bertujuan memperbaiki kualitas Sekolah Menengah Atas di Indonesia. SF-USP telah mengadopsi 14 sekolah di Sumatra, Jawa, Kalimantan, Aceh, dan Bali sampai dengan Juli 2006. Pada tahun 2006, SF telah meluncurkan Sampoerna Foundation Teacher Institute dan Sampoerna School of Business and Management-ITB.


Sampai saat ini, SF telah memberikan lebih dari 25.000 beasiswa dari tingkat SD hingga S2 kepada siswa yang memiliki kemampuan namun mengalami kesulitan keuangan. Hingga saat ini SF telah mengirimkan putra-putra terbaik bangsa ke sekolah-sekolah bisnis top di dunia seperti Harvard Business School (Harvard University), Hass School of Business (University of California, Berkeley), Wharton School (University of Pennsylvania), dan London Business School (LBS).
SF memiliki 111 alumni S1 dan S2 dan 4,704 alumni SMA. Melalui pemberdayaan secara personal maupun profesional, SF memberikan kesempatan kepada para penerima beasiswanya untuk memberikan kontribusi kepada pembangunan bangsa.


SF juga memfasilitasi sektor swasta yang mendukung perkembangan pendidikan nasional melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) dengan cara mengelola dana CSR dan memberikan akses magang di perusahaan-perusahaan besar bagi penerima beasiswa SF. Di Aceh, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Pangandaran, SF bekerjasama dengan mitra lokal dan internasional untuk menata kembali sistem pendidikan yang hancur. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan kunjungi situs kami: www.sampoernafoundation.org


1 komentar:

xx mengatakan...

nama saya Putu Nuniek Hutnaleontina, saya mahasiswi baru program reguler Fakultas Ekonomi Universitas Udayana-Bali(jurusan akuntansi), saya berkeinginan untuk mencari beasiswa, agar saya bisa melanjutkan kuliah, karena dari TK orang tua saya sudah bercerai, saya di angkat oleh orang tua angkat saya karena ibu saya tidak sanggup untuk membiayai saya, saya dibiayai oleh orang tua angkat saya sampai saya bisa lulus SMA, banyak hal yang saya sudah lewati, saya melihat orang tua angkat sudah merasa terbebani oleh biya anak-anka mereka (2 orang) ditambah saya, saya sudah mencoba dan berusaha untuk kerja sampingan diam-diam, tapi saya tidak mampu, saya menginginkan beasiswa, agar orang tua angkat tidak terbebani lagi oleh saya, dengan pernyataan ini saya mohon Bapak/Ibu memberikan peluang untuk saya, agar saya bisa melanjutkan kuliah, saya mohon,
mudah-mudahan apa yang saya tulis ini bisa dijadikan bahan pertimbangan, dan saya membutuhkan syarat-syarat apa saja agar saya bisa mendapatkan beasiswa ini,,
terimakasih