07 September 2006

Kalbe Berbagi di Desa Cibatu Kabupaten Bekasi

Tanggal : 7 September 2006
Sumber : http://www.kalbefarma.com/index.php?mn=news&tipe=detail&detail=18590


Sudah sejak awal sebenarnya kegiatan-kegiatan sosial kepada masyarakat dilaksanakan oleh Kalbe Farma. Namun semenjak hal ini dibakukan dan menjadi salah satu syarat/kewajiban bagi perusahaan terbuka (go public), maka acara-acara ini dilaksanakan secara terbuka. Kegiatan yang lebih dikenal dengan nama CSR (Coorporate Social Responsibility) atau kegiatan sosial kepada masyakat dimasukkan ke dalam satu program yang disebut dengan Kalbe Berbagi. Bertepatan dengan perayaan Ulang Tahun ke-40, aktivitas Kalbe Berbagi dipusatkan di Desa Cibatu Kecamatan Lemahabang Kabupaten Bekasi, 7 September 2006.

CSR Kalbe Farma

Menurut Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Bpk Johannes Setiyono dalam temu pers, pada prinsipnya CSR Kalbe Farma itu ada dua bentuk. Bentuk pertama adalah yang berhubungan dengan produk seperti membersihkan dan mengecat WC-WC Umum (Neo Entrostop), Pemberian Beasiswa (Cerebrofort), Promag Mulia, dll. Bentuk kedua adalah CSR yang dilakukan tanpa ada hubungannya dengan produk. Salah satu contoh CSR jenis terakhir ini adalah acara yang dilakukan hari ini di desa Cibatu.


Pelbagai aktivitas


Aktivitas yang dipusatkan di Desa Cibatu, Kamis 7 September 2006, terdiri dari:

  • Merenovasi Puskesmas Pembantu Desa Cibatu
    Secara simbolik kegiatan ini diawali dengan pembukaan tirai papan berisi design Puskesmas Pembantu yang baru dan penurunan genteng. Hal ini dilakukan oleh Bupati Kepala Daerah Kabupaten Bekasi Bpk. H. Tenny Wishramwan bersama Bpk Johannes Setiono.
  • Membantu Posyandu Desa Cibatu
    Secara simbolik dilakukan penyerahan beberapa alat seperti jacket, timbangan dll., dari Direktris Kalbe, Ibu Ira Setiady kepada Ketua PKK, Ibu Hj Cicah Tenny Wishramwan
  • Pengobatan cuma-cuma
    Pengobatan cuma-cuma dilakukan kepada sekitar 500 penduduk desa Cibatu berlokasi di Balai Desa Cibatu.
  • Pemeriksaan fisik murid-murid SD Cibatu
    Dilakukan pemeriksaan kesehatan umum terhadap 277 murid-murid SD desa Cibatu, bertempat di SD yang dibangun PT Kalbe Farma 2 tahun yang lalu.
    Aktivitas lain yang juga berlangsung di SD ini adalah: Lomba Mewarnai (siswa kelas 1, 2 dan 3) dan Story Telling (siswa kelas 4, 5 dan 6)

Sambutan Bupati Bekasi, Bp H. Tenny Wishramwan


Dalam sambutannya, Bupati Bekasi menyebutkan bahwa aktivitas ini merupakan salah satu bukti konkrit dari partisipasi perusahaan-perusahaan yang berlokasi di Kabupaten Bekasi. Dengan adanya bantuan ini, berarti beban APBD berkurang.


Seperti diketahui saat ini di Kabupaten Bekasi, telah diterapkan pengobatan gratis bagi penduduk yang mau berobat di Puskesmas.


Alangkah indahnya jika, 10% saja dari 2080 pengusaha yang berlokasi di Kabupaten Bekasi melakukan hal ini, harap Bupati Bekasi yang baru menjabat 4 bulan ini.


Sebagai data tambahan dijelaskan bahwa jumlah Puskesmas = 34 dan Puskesmas Pembantu ada 50. Setidaknya 20% dari puskesmas pembantu itu perlu direnovasi.


Tidak ada komentar: