Tanggal : 13 Januari 2006
Sumber : http://www.dompetdhuafa.org/dd.php?w=indo&x=filantropi&y=detail&z=5af2909fcd6db2001b280c5dfc6b20da
Geliat CSR (Corporate Social Responsibility) tampak semakin besar dan menyentuh seluruh industri di tanah air, termasuk dari industri perhotelan. Seperti yang telah ditunjukkan oleh Jakarta Hilton International. Suasana kerja sehari-hari yang lux berbintang lima, ternyata tidak menjadikan manajemen dan karyawannya lupa melihat keluar lingkungan hotel mereka.
Dibawah payung "Hilton Peduli", manajemen hotel dan kelompok-kelompok karyawan yang ada seolah berlomba membuat program-program amal untuk masyarakat yang membutuhkannya. Padahal, Hilton Peduli sejatinya hanyalah salah satu program rutin divisi Public Relations di Hotel tersebut. Walaupun demikian, menurut PR Manager Jakarta Hilton International, Shakira Tamayanti, program yang satu ini tidak menjadi monopoli perusahaan dan manajemennya. Usulan, pelaksanaan, hingga pendanaan kegiatan-kegiatan dalam program Hilton Peduli juga bisa datang dari karyawan hotel.
Seperti saat Hilton Peduli pergi langsung menyantuni korban tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara awal tahun lalu. Bantuan yang mereka kumpulkan bukan hanya dari perusahaan, namun juga dari sumbangan spontan karyawannya. Saat itu, donasi mereka dipercayakan kepada Palang Merah Indonesia untuk disalur-kan kepada para korban yang membutuhkan. Penyerahan pun bukan hanya dilakukan oleh wakil manajemen hotel berbintang lima berlian tersebut. Namun juga menyertakan perwakilan-perwakilan kelompok karyawan yang telah berperan mengumpulkan donasi.
Karena itulah Shakira Tamayanti dengan mantap bisa mengatakan bahwa seringkali manajemen hanya memfasilitasi kegiatan sosial yang diinisiasi para karyawannya. Dukungan perusahaan juga diperlihatkan dengan cukup seringnya ruangan-ruangan mewah di hotel tersebut digunakan untuk acara-acara amal. Seperti kerjasama yang dijalin oleh Hilton Peduli de-ngan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa saat mengadakan Malam Amal di akhir November 2005 lalu. Peran Hilton Peduli kala itu tentu sangat besar untuk membawa atmosfer kepedulian ke tengah-tengah pusat bisnis ibukota.
Di luar itu, masih panjang lagi daftar kegiatan CSR telah dilakukan oleh hotel Jakarta Hilton International. Secara bergantian dan berkala, berbagai komponen dalam hotel tersebut mengada-kan acara-acara sosial dengan sasaran yang berbeda-beda. Donor darah, bantuan langsung ke panti asuhan serta santunan saat hari-hari besar keagamaan sudah menjadi bagian dalam aktivitas rutin di Jakarta Hilton International. Seperti acara buka puasa bersama masyarakat tidak mampu saat Ramadhan dan sumbangan hewan kurban saat Idul Adha yang baru lalu. Dan, tentunya, kita masih bisa berharap di tahun 2006 ini Hilton Peduli dapat terus berkiprah di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan.
Sumber : http://www.dompetdhuafa.org/dd.php?w=indo&x=filantropi&y=detail&z=5af2909fcd6db2001b280c5dfc6b20da
Geliat CSR (Corporate Social Responsibility) tampak semakin besar dan menyentuh seluruh industri di tanah air, termasuk dari industri perhotelan. Seperti yang telah ditunjukkan oleh Jakarta Hilton International. Suasana kerja sehari-hari yang lux berbintang lima, ternyata tidak menjadikan manajemen dan karyawannya lupa melihat keluar lingkungan hotel mereka.
Dibawah payung "Hilton Peduli", manajemen hotel dan kelompok-kelompok karyawan yang ada seolah berlomba membuat program-program amal untuk masyarakat yang membutuhkannya. Padahal, Hilton Peduli sejatinya hanyalah salah satu program rutin divisi Public Relations di Hotel tersebut. Walaupun demikian, menurut PR Manager Jakarta Hilton International, Shakira Tamayanti, program yang satu ini tidak menjadi monopoli perusahaan dan manajemennya. Usulan, pelaksanaan, hingga pendanaan kegiatan-kegiatan dalam program Hilton Peduli juga bisa datang dari karyawan hotel.
Seperti saat Hilton Peduli pergi langsung menyantuni korban tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara awal tahun lalu. Bantuan yang mereka kumpulkan bukan hanya dari perusahaan, namun juga dari sumbangan spontan karyawannya. Saat itu, donasi mereka dipercayakan kepada Palang Merah Indonesia untuk disalur-kan kepada para korban yang membutuhkan. Penyerahan pun bukan hanya dilakukan oleh wakil manajemen hotel berbintang lima berlian tersebut. Namun juga menyertakan perwakilan-perwakilan kelompok karyawan yang telah berperan mengumpulkan donasi.
Karena itulah Shakira Tamayanti dengan mantap bisa mengatakan bahwa seringkali manajemen hanya memfasilitasi kegiatan sosial yang diinisiasi para karyawannya. Dukungan perusahaan juga diperlihatkan dengan cukup seringnya ruangan-ruangan mewah di hotel tersebut digunakan untuk acara-acara amal. Seperti kerjasama yang dijalin oleh Hilton Peduli de-ngan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa saat mengadakan Malam Amal di akhir November 2005 lalu. Peran Hilton Peduli kala itu tentu sangat besar untuk membawa atmosfer kepedulian ke tengah-tengah pusat bisnis ibukota.
Di luar itu, masih panjang lagi daftar kegiatan CSR telah dilakukan oleh hotel Jakarta Hilton International. Secara bergantian dan berkala, berbagai komponen dalam hotel tersebut mengada-kan acara-acara sosial dengan sasaran yang berbeda-beda. Donor darah, bantuan langsung ke panti asuhan serta santunan saat hari-hari besar keagamaan sudah menjadi bagian dalam aktivitas rutin di Jakarta Hilton International. Seperti acara buka puasa bersama masyarakat tidak mampu saat Ramadhan dan sumbangan hewan kurban saat Idul Adha yang baru lalu. Dan, tentunya, kita masih bisa berharap di tahun 2006 ini Hilton Peduli dapat terus berkiprah di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar